————————
————————
FORMAT PENGAJUAN SUPPORT YANG BENAR
Bantu kami untuk membantu Anda. Buatlah format support yang baik dan benar agar kami bisa segera membantu Anda. Berikut adalah format thread support yang benar :
1. Jelaskan permasalahan yang Anda alami dengan jelas dan detil. Dan langkah-langkah apa saja yang sudah Anda lakukan.
2. Sertakan versi WordPress, Woo Ongkir dan WooCommerce Anda, dan nama theme yang Anda gunakan
3. Akan sangat membantu jika Anda juga menyertakan account wp-admin Anda, agar kami bisa langsung men-debug di website Anda.
CONTOH :————————
Halo,
Saya mengalami masalah dengan lisensi. Selalu muncul pesan “lisensi bermasalah” pada halaman checkout. Saya sudah mencoba mematikan dan menghidupkan lagi lisensi, tetapi tetap tidak bisa.
Versi WordPress 4.5
Versi Woo Ongkir 1.2
Versi WooCommerce 6.1
Theme : Xtheme Themeforest
Berikut saya sertakan juga credential web saya jika di butuhkan :
[secret message]
www.contoh.com/wp-admin
username : admin
password : admin
————————
F.A.Q PERMASALAHAN TEKNIS
Q : “Kenapa email support dan fb message tidak di balas?”
A : Semua support hanya dilayani pada forum
Q : “Kenapa ongkir tidak muncul?”
A : Coba lakukan 2 hal ini,
– Cek lisensi Anda di halaman setting plugin ongkos kirim. Apakah valid atau tidak. Jika sebelum nya Anda menggunakan versi Trial, pastikan lisensi Anda bukan lisensi Trial lagi, tapi sudah lisensi premium (bisa cek di user dashboard tonjoosutio Anda).
– Jika langkah pertama tidak berhasil, coba gunakan theme default WordPress atau theme default WooCommerce (storefront). Jika di theme default jalan dengan baik, berarti theme Anda tidak kompitabel.
Q : “Kenapa kota/kecamatan tidak muncul?”
A : Coba gunakan theme default WordPress atau theme default WooCommerce (storefront). Kalau menggunakan theme default berhasil, berarti theme Anda yang bermasalah.
Pastikan juga server/hosting Anda cepat, tidak lambat. Karena akan sangat berpengaruh pada proses pengambilan data.
Q : “Kenapa muncul pesan LISENSI BERMASALAH pada halaman checkout?”
A : Coba de-active lalu activate lagi lisensi Anda. Jika masih tidak bisa, silahkan hub kami agar di ganti dengan lisensi baru, dengan syarat menyertakan screenshot.
Q : “Kenapa muncul error UNDEFINED pada halaman setting woo ongkir?”
A : Coba de-active lalu activate lagi lisensi Anda. Jika masih tidak bisa, silahkan hub kami agar di ganti dengan lisensi baru, dengan syarat menyertakan screenshot.
Q : “Kenapa malah error Sorry, you are not allowed to access this page?”
A : Jangan lupa untuk meng-install woocommerce terlebihdahulu. Woo Ongkir membutuhkan woocommerce untuk dapat bekerja.
Q : “Theme saya ternyata tidak kompitabel. Jadi gimana?”
A : Mohon maaf, permasalahan karena pihak ke-3 (plugin/theme lain) bukan tanggung jawab kami. Selalu biasakan mencoba versi Trial sebelum memutuskan membeli produk digital apapun.
Q : “Bagaimana menghilangkan *Required form di halaman checkout?”
A : Tidak bisa. Woo Ongkir tidak meng-handle itu, itu adalah tugas WooCommerce. Woo Ongkir hanya meng-handle perhitungan ongkos kirim saja.
Q : “Kenapa malah muncul tulisan Data Tidak Tersedia?”
A : Pesan tersebut muncul dikarenakan jasa ekspedisi yang Anda gunakan belum menyediakan pengiriman ke kota tujuan tersebut. Coba gunakan jasa ekspedisi lain yang memiliki jangkauan lebih luas. Jika masih tidak bisa, kemungkinan theme Anda tidak kompitabel.
Q : “Lisensi sering reset/tidak valid/hilang sendiri?”
A : Silahkan membuka thread support, untuk di ganti dengan lisensi baru.
Q : “Kenapa tidak bisa shipping internasional?”
A : Woo-ongkir mendukung pengiriman internasional menggunakan FLAT SHIPPING. Cara nya mudah, ikuti steps berikut :
1. Masuk ke settings woocommerce
2. Klik tab Shipping >> Shipping Zone
3. Klik “Add Shipping Zone”
4. Buat zone name ID, dan region Indonesia
5. KOSONGKAN saja kolom shipping method
6. Atur Rest of the World shipping method menjadi flat
7. Selesai.
Untuk lebih detil, silahkan lihat screenshot berikut :
Q : “Kenapa urutan checkout fields tidak sesuai dengan yang saya harapkan?”
A : Urutan fields dapat berbeda-beda tergantung dengan theme yang digunakan. Untuk mengurutkannya, gunakan hook filter ‘woocommerce_checkout_fields’. Contoh: https://goo.gl/Woqub8
Q : “Kenapa jika saya mengaktifkan fitur filter kurir JNE, ongkos kirimnya tidak keluar jika kota tujuan sama dengan kota asal?”
A : Pastikan Anda memasukkan JNE CTC kedalam filter, karena JNE hanya menyediakan layanan tersebut untuk kota yang sama.
Q : “Kenapa jika saya menggunakan API Rajaongkir tidak ada fitur untuk filter kurir? Lalu adakah cara untuk memfilternya?”
A : Fitur filter kurir memang tidak tersedia jika menggunakan API Rajaongkir karena Rajaongkir tidak menyediakan fitur tersebut pada APInya. Filter kurir masih bisa dilakukan dengan menggunakan hook filter ‘pok_shipping_costs’. Contoh script: https://goo.gl/HAQvaj
Q : “Kenapa halaman checkout saya berantakan?”
A : Jika theme yang Anda gunakan melakukan override terhadap file template checkout woocommerce, pastikan struktur halamannya sudah menyesuaikan dengan versi Woocommerce yang digunakan.
Q : “Kenapa lisensi saya tiba-tiba tidak aktif sendiri? Sedangkan masa berlakuknya masih lama. Lalu kenapa ketika saya aktivasi ulang malah muncul pesan error ‘The license is already in use / Lisensi telah digunakan’?”
A : “Kami mengembangkan sistem licensing yang baru pada Plugin 3.0, yang mungkin masih sering mengalami gangguan di beberapa kasus sehingga membuat lisensi tidak aktif sendiri. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda mengalami masalah ini, silahkan lapor ke kami dengan menyertakan detail versi WP, WC, PHP, Plugin ongkir serta menyertakan login akun admin pada kolom secret message. Laporan Anda sangat membantu kami untuk menemukan penyebab masalah tersebut sehingga kami dapat melakukan patch secepatnya. Sambil menunggu update dari kami untuk patch masalah ini, Anda dapat mengaktifkan lisensi Anda kembali dengan cara menghapus domain yang terdaftar pada lisensi di https://tonjoostudio.com/manage/plugin/, lalu lakuka aktivasi kembali pada website Anda. Sebelumnya kami mohon maaf atas masalah yang terjadi.”
Q : “Kenapa tidak muncul isian untuk memasukkan lisensi?”
A : Untuk masalah tersebut, bisa mencoba langkah berikut:
1. Masuk ke database
2. Cari tabel wp_options
3. Cari option_name bernama tonjoo_plugins lalu hapus row tersebut -> https://prnt.sc/q9rfh1
4. Setelah itu coba lakukan aktivasi lagi seperti biasa.
F.A.Q SEPUTAR UPGRADE ATAU RE-NEW LISENSI
Q : “Apakah Plugin Ongkos Kirim masih bisa digunakan walaupun lisensi sudah expired?”
A : Lisensi yang sudah expired berarti plugin sudah tidak bisa digunakan lagi sama sekali. Jadi Anda diharuskan memperpanjang/re-new lisensi utk tetap bisa menggunakan plugin.
Q : “Jika saya perpanjang, apakah saya mendapat diskon?”
A : Yap, betul. Anda mendapatkan diskon 50% jika perpanjang lisensi, jadi hanya setengah harga 🙂
Q : “Bagaimana cara perpanjang lisensi saya?”
A : Caranya mudah sekali. Tinggal login ke account Anda di web tonjoostudio.com, lalu klik tombon RENEW pada plugin Anda. Nanti akan otomatis di arahkan ke halaman keranjang belanja.
Q : “Seputar updrade. Jika saya melakukan upgrade, berapa jumlah yang harus saya bayar? Apakah harus bayar full lagi?”
A : Tidak perlu. Anda hanya diharuskan membayar sisa harga dari lisensi Anda. Tidak perlu membayar seharga full lisensi tsb. Misalkan Anda membeli lisensi personal seharga 100rb, sedangkan harga lisensi multi misalkan 300rb. Anda hanya perlu membayar sisa nya yaitu 200rb saja, tidak full 300rb.
F.A.Q SEPUTAR REFUND & KOMPLAIN
Q : “Bagaimana kebijakan refund Tonjoo?”
A : Refund dapat di proses jika Anda mengalami satu atau lebih dari poin berikut ini :
– Plugin tidak berfungsi (Broken)
– Plugin tidak seperti yang dijelaskan di deskripsi
– Pembelian tidak lebih dari 14 hari (Setelah memenuhi salah satu atau lebih dari poin-poin diatas)
Q : “Kondisi seperti apa yang tidak bisa di refund?”
A : Pembelian Anda tidak bisa kami refund jika :
– Plugin tidak broken (Plugin berkerja dengan baik)
– Theme Anda tidak kompitabel
– Konflik dengan plugin lain
– Hosting/Server Anda tidak kompitabel
– Anda sudah membuka support dan telah di support (dengan asumsi poin pertama valid)
Oleh karena itu, gunakan versi TRIAL sebelum membeli.
Q : “Kapan refund saya akan di proses?”
A : Refund akan di proses setiap hari Jumat
Q : “Plugin Anda tidak kompitabel dengan theme saya. Bisa saya refund?”
A : Mohon maaf, permasalahan karena pihak ke-3 (plugin/theme lain) bukan tanggung jawab kami. Selalu biasakan mencoba versi Trial sebelum memutuskan membeli produk digital apapun.
Q : “Berarti Anda lepas tanggun jawab gitu aja dong!”
A : Kami membuat dan memberikan versi Trial secara GRATIS (bahkan hingga 14 hari) untuk satu tujuan, agar Anda mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Versi Trial dan versi Full tidak ada bedanya secara fitur dan fungsionalitas. Jika Anda langsung membeli tanpa mencoba versi Trial, berarti Anda mengambil resiko 🙂
Q : “Kenapa bisa tidak kompitabel?!”
A : WordPress adalah sebuah framework yang rumit dengan ekosistem yang sangat besar. Ada banyak sekali orang yang terlibat didalam ekosistem tsb. Sangat sulit sekali untuk tetap menjaga sebuah plugin/theme tetap kompitabel 100% dengan produk milik developer lain. Karena setiap developer memiliki style dan cara mereka masing-masing.